Friday, April 4, 2014

OPINI MAHASISWA LABIL: SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA





Sambil break dari tugas-tugas kampus, soal berita-berita nasional, berita pemerintah, dan politik di Indonesia, gue mau nulis dikit soal Sistem Pemerintahan Indonesia . Ehehe....baru tulisan pertama di bulan April, malah bikin tulisan yang berat. Em... nggak berat-berat juga sih. Cuma ngasih opini dikit tentang Sistem Pemerintahan Indonesia. Tentunya versi gue yang bersumber dari pakar dan ahli di bidangnya masing-masing. Sudah sejak dari dulu gue nulis di blog, jangan sampe lu percaya sama tulisan gue di blog ini. Apalagi sampe percaya seratus persen. Percaya itu sama Allah aja. Biar nggak murtad. Termasuk sama Sistem Pemerintahan Indonesia. Lalalalala.... :)
 
**bentar dulu, gue mau break shalat sebelum bahas soal sistem pemerintahan Indonesia***



Fuh! Akhirnya kelar sholat juga. Ehm....kok jadi kayak pamer gini ya? :)). Ya siapa tau ada pak haji yang lagi baca-baca blog gue, terus punya anak perawan yang udah sarjana, dan belom nemu jodoh. Nah, karena gue pamer solat, jadinya hati pak haji itu merasa terketuk. Terus dia kontak gue deh. Astaghfirullah.... Ini bercanda lho ya! Tapi, kali aja hati seorang haji terkutuk, eh... terketuk sama tulisan di blog gue. Yang ada kalo ada bapak Haji baca blog gue, dia langsung bilang ke anak-anaknya,"Nak, kamu kalo bikin blog jangan kayak tulisan di blog ini ya..." #Plak


Kayaknya udah mulai miring-miring dah. Lah kan gue mau bahas Sistem Pemerintahan Indonesia. Oya, tapi kok malah bahas Pak Haji. Hm... *asli, ini bukan nyindir. kalo ada yang kesindir. Cuma reflek aja tiba-tiba kok bisa keluar nama Pak Haji di otak gue. Hahaha....


Em...ngomongin Sistem pemerintahan di Indonesia, sejujurnya gue nggak ngerti sama sekali. Ya mungkin karena udah lebih dari 4 tahun gue nggak pernah ikut upacara bendera, atau gue udah lama nggak belajar soal PPKN. Eh, ada ding. Iya, ada. Waktu semester 1 ngambil mata kuliah Kewarganegan ama pak siapa itu, lupa. Kalo nggak salah sih gue cuma dapet nilai B. Hahaha.....mungkin gue belum bisa dicap sebagai warga negara yang baik (dan benar) versi dosen kewarganegaraan gue waktu itu.


Lah? Kok gue malah curhat? Bukannya topik yang harus gue tulis kali ini adalah Sistem Pemerintahan di Indonesia?  Okelah....sekarang kembali ke jalan yang benar.


Karena gue bukan pakar di bidang pemerintahan, apalagi berprofesi sebagai seorang dosen jurusan politik, gue bakal nulis sistem pemerintahan Indonesia dari sudut pandang gue sebagai orang awam. Ya anggep aja gue mewakili suara orang Indonesia kebanyakan, yang sekarang lagi kehilangan jati dirinya. *tsaaah *siapague *tiba-tiba bilang mewakili orang Indonesia. Ntar dikira gue mau jadi caleg 9 April lagi. hahaha....


Eh ngomongin soal wakil mewakili, emang bener juga sih. Sekarang bisa salah kaprah. Banyak demo di Indonesia yang ngakunya sih mewakili aspirasi rakyat. Tapi kalo ditelusuri lebih dalam lagi, biasanya sih ada demo yang sebenernya mewakili aspirasi oknum rakyat yang mau bayar dia. *ups *keceplosan *ini bercanda lho! Tapi kalo dianggep serius juga boleh. Kan negara bebas. Bebas bicara.


Hm....sejujurnya, kalo ngomongin sistem, mau nggak mau harus ngomongin pusatnya ada di mana, cabangnya di mana, dan penyebarannya gimana. Nah masalahnya adalah, baru ngomong soal sistem aja gue udah bingung. Apalagi kalo digabung sama frase Pemerintahan Indonesia. Yang ada gue makin bingung.

 
KIM! SEBENERNYA ELU LAGI NGOMONG APA SIH?


Yang baca tulisan gue sampe sini, sabar ya. Gue sendiri juga bingung sebenernya arah tulisan ini mau kemana. Tapi sejujurnya secara ekstrinsik, sepanjang gue nulis judul dari awal, pertengahan, dan sampe huruf ini, gue masih bingung apa inti dari sistem pemerintahan indonesia. Yang jelas, kalo gue yang mahasiswa aja bingung, apalagi orang yang level pendidikannya non Plus alias Minus. Bukan berarti gue mengunderestimatekan orang yang nggak sekolah. Tapi sejujurnya, gue sendiri malu sebagai mahasiswa malah nggak ngerti apa itu sebenernya sistem pemerintahan Indonesia.  Ya, semoga aja gue termasuk produk gagal minoritas pendidikan indonesia. Harusnya, produk pendidikan indonesia yang berhasil itu, paham banget sama apa yang disebut sistem pemerintahan Indonesia. Ya, harusnya sih gitu. Kan dari SD sampe SMA, bahkan kuliah, ada mata pelajaran PPKN, Indonesian Culture & Society, Kewarganegaraan, dan sejenisnya. Salah satu yang diajarin ya Sistem Pemerintahan Indonesia. Tapi....yah, semoga aja, mungkin  gue lagi-lagi yang perlu disebut sebagai produk gagal pendidikan di Indonesia.


Em...terus?

Ya... terus.... hmm... sebenernya ini cuma tulisan unek-unek gue soal pertanyaan dari seorang tukang jualan di sebuah kafe meong (baca:kucingan). Tadi sore, sekitar abis magrib, pas hujan datang, karena gue males hujan-hujanan pake motor, gue melipir bentar ke kafe meong. Nah, di sana itu, gue duduk berdampingan ama abang-abang si tukang jualan yang lagi baca koran. Romantis banget, Boi. Udah kayak orang pacaran. Duduk berduaan di tengah rintikan hujan. *waduhh?* Dia mengeja dengan sedikit terbata,"Sistem Pemerintahan Indonesia" ini apa ya mas? Kok banyak banget diomongin di koran. Apalagi kalo yang ngomong anggota DPR atau menteri. Pasti kayaknya mereka pinter banget. Mereka pasti sekolahnya pinter-pinter ya mas?

Denger si abang yang jual nasi kucing ini tanya bertubi-tubi soal sistem pemerintahan Indonesia, gue cuma bisa nelen ludah. Ya kali... Gue aja yang kuliah sampe sekarang nggak ngerti apa itu sistem pemerintahan Indonesia. :)

Udah ah, daripada makin lama makin ngelantur. Mending cepat-cepat gue udahin tulisan gue yang ini. Gue juga nggak mau kalian yang baca pada ikutan stres. Gue sayang kaliaaaannn...... :)



16 comments :

  1. jadi opini tentanng sistem pemerintahan indonesianya apaan -_-
    masak "ya kali" -_______________-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah gue bilang. Gue nggak paham sama sekali.... :)

      Delete
  2. Hahaha...... gue baca sampe abiss ngga ada sistem pemerintahan Indonesianya haha...

    kirain mau ngejabarin sistem pemerintahan yg buruk, ternyata ujung2nya kisah romantis dengan mas penjual kucingan...

    Mungkin maksudnya sistem pemerintahan Indonesia skrng kagak jelas,,, jadi penjabarannya di buat kagak jelas juga ... mantapppp

    "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, begitulah kira-kira...
      haha

      Delete
  3. Gue dari awal penasaran sama tulisan lo ini, kali aja ada opini tentang Sistem Pemerintahan Indonesia, :3 tau-taunya Zonk .
    Menurut gue Sistem Pemerintahan Indonesia, uhmm apa ya gue juga kagak tau, Ywdh deh Cut Cut Cut !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, tuh kan. ikut-ikutan bingung...
      ya udah deh bang....
      hahah

      Delete
  4. dari judulnya, saya pikir ini adalah tulisan yang berat. tapi setelah membacanya, saya malah nemuin part terberatnya di perkataan abang2 jualan hahahhaa....
    tapi asik sihhh.. saya malah ngakak bungker

    ke-gak-jelas-an tulisan ini mungkin efek dari ke-gak-jelas-an sistem pemerintahan kita. mungkin. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha? ini namanya diskriminasi. masak tulisan ini dibilang efek dari ketidakjelasan sistem pemerintahan pemerintah kita.. kaga bisaaa. kaga terima gueee... haha

      Delete
  5. Hai Hakim. Kayaknya ini perdana saya berkunjung di blog kamu. Salam kenal yaaa... baru pertama jg saya sudah berkesan sama gaya tulisan kamu yang asyikkk gini... dari judulnya aja saya kita ini tulisan bakal puaaanjaaaanng banget... ngebahas msalah sistem lah.. sistem indonesia yg seperti apa dan bla...bla... tapi dari awal saya baca smpai akhir saya gak ketemu intinya... lebih dari sekedar curcol doang... curcol yang menarik... meskipun kamu sendiri bingung.. mw nulis opini ttg sistem pemerintahan indonesia versikamu... tp kmunya bingung sy sebagai pembaca juga bingung... hmmmm intinya saya yang dari tk smpai mahasiswa tingkat akhr gini udahpernah belajar SPI tapi msh blum ngeh jg maksudnya... berarti kita sama hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh salah ding.. ada bagian yg typo..atau salah tulis.. bkn SPI mksudnya belajar PPKN dan juga itu bukan dari TK dr SD mksdnya

      Delete
    2. Hahaha, berarti kita sama-sama bingung ya??
      haduuuuhhh,
      dasar...
      membingungkan kamu?
      lha???
      hihi

      Delete
  6. aiiih beneran Zonk, aku kira Hakim mau benar2 cerita tentang sistem pemerintahan hadeeww
    eh tapi semoga beneran ada pak ustadz yg baca tulisanmu ini hahahaa
    Dulu sebelum orde baru sistem pemerintahan di Indonesia bersifat presidensial artinya kekuasaan tertinggi ada pada presiden, tapi skg kyaknya masih transisi mau ke arah parlemen, karena MPR mengawasi Presiden
    semoga tidak salah ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zonk??? Apaan tuh? Yang zonk sampang nyaring bunyinya itu ya???
      hihi
      Owhh, gthu toh.. makasi2...
      saya jadi tau... hehe

      Delete
  7. hahahaha ini beneran absurd -__-"
    dari mulai pamer sholat pak ilustrasi segala sampe enggak pernah ikutan upacara bendera dan endingnya tentang obrolan dengan nasi kucingan ..
    pemilihan judulnya bener2 kampret, sok ilmiah hahaha___-

    ReplyDelete
  8. ini bahas apa ? - ____- jadi bingung mau komen apa.

    cafe meong itu angkringan itu kali ya ?

    ReplyDelete
  9. Hahaha... Haha... Ha... *ketawa terpaksa*

    Absurd level maksimal ini. Aku jadi bingung mau komen apa @@

    Kk ini emang jagonya bikin postingan gak jelaaass~ Isi sama judul jauh ngets. Wkwkwk XD

    Udah ah, gak tau mau komen apaan =3=

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda di sini. Nggak boleh pelit-pelit. Nanti kuburannya sempit.