Sunday, October 19, 2014

'Udud' dan Makna Filosofi-nya



Bismillahir Rohmaanir Rohiiim....

Semoga aja ane nulis ginian atas dasar kesadaran, eh atau penyadaran ya? He
Sebelum berlanjut, disamakan dulu pemikirannya. Oke? Udah pas? Ha? Belum?
Udud itu apa sih?
 Udud itu asal katanya dari bahasa Arab. Fiil madhi = a’da. Fiil mudhori’= ya’uudu. Masdar= ‘uduudun. Artinya apa ya? Haduuhh. Ane juga lupa. Hahaha. Kena lo pade. Bukan, udud itu bukan dari kata bahasa arab. Yang benarnya dari bahasa bahasa yunani kuno: Uddho

Nah, apa lagi noh?
Kaga ngerti. Itu juga bohong alias nyeleneh.

Baiklah. Yang benarnya udud itu berasal dari bahasa Modern of Java, yang artinya rokok. Jadi pembahasan The Naked Blog kali ini adalah membahas tentang udud (rokok) dan makna filosofinya.  Siap nggak? Siap donk.. *hehe.

Sebelumnya kita samakan dulu persepsinya. Merokok yang ane maksud di sini itu lintingan tembakau yang dibalut kertas khusus dengan teknik pembuatan mutakhir. Di dalamnya juga diramu bumbu-bumbu racikan tradisional alami, seperti cengkeh, lada, garam, merica, lah? Kok malah racikan bumbu dapur? hoho....jadi makin ngawur kayaknya deh.

Tarik dulu sekali dua kali....

sanger brroooh..
hahaha

Merokok itu seni. Ini filosofi yang pertama. Nggak percaya?
 Orang ngisep rokok, terus asapnya ngebul dari bara tembakau, terus meresap ke selipan-selipan tembakau yang di dalamnya, dan berujung ke filtrasi busa yang diemut dalam bibir, terus merangsak masuk ke bibir si perokok dan diproses secara naluriah oleh perokok. Mantap kan? Coba gw tanya ke anak-anak pinter yang baca blog ini. Dari jaman TK sampe kuliah, ane yakin nggak ada definisi merokok secara teoritis yang pernah diajarin sama dosen atau guru kalian kan? Hehe...ya, paling nggak definisi merokok gw yang ini bisa jadi bahan rujukan tesis calon master rokok lah kalo gitu. Kali aja kalian-kalian ada yang ngambil s2 Humaniora. Ya kan? Ya deh :-) *haaha

Coba bayangin. Asap yang tadi diisep sama si perokok. Pergerakan asap bisa dibayangkan seperti pergerakan sperma yang meliuk-liuk. Bedanya, kalo asap rokok itu meliuk-liuk di ruangan non hampa udara, yang akhirnya bisa membentuk suatu gambaran abstrak. Ane yakin Pablo Picasso, Da Vinci, (Jiaahhh, ini karena barusan ngomongin Monalisa ama si doi) atau Afandi yang jadi pelukis terkenal dunia sekalipun, satu diantara jutaan karyanya pasti ada yang terinspirasi dari merokok. Hehe.....yaa.... lha wong mereka aja merokok. Hehe.....

Itu filosofis dari seniman. Kalo dari analis saham?
Kebetulan teman ane ada kerja di perusahaan perdagangan berjangka. Jadi, ya sedikit banyaknya tau la. Jadi, ya, ini bisa ane jadiin referensi. Ya nggak? Hehe

Merokok itu bisa menginspirasi mereka menentukan kapan melakukan aksi jual, beli, atau menahan suatu saham. Kalo orang bursa lagi stres, apalagi pialang, broker, atau makelar saham dan sejenisnya udah males itung-itungan saham, isep dah asap rokok. Kalo pas dikebulin tuh asap membubung ke udara, terus dan terus naik ke udara, coba aja beli saham. Siapa tau sahamnya naik. Kalo asepnya rokok menggumpal di depan muka terus, ya ditahan dulu saham yang udah dibeli. nah, parahnya, kalo asep rokok pas disembul nggak naik, malahan turun, yaudah, berdoa aja biar saham nggak anjlok. hehe...

Asap rokok itu bukan merupakan suatu kepastian dong? Sama seperti saham. Eh? Gitu ya?
Sebenernya ada indikator-indikator kapan asap rokok naik, kapan turun,dan kapan menggumpal. Yang nggak ada itu kapan waktu asap rokok lagi tegang (wah, mesum lo pade. biasa, The Naked Blog). Nah, Sama seperti saham. Kalo dikaitkan dengan kehidupan, kurang lebih sama ya? Kapan naik, turun, dan kapan hidup datar-datar aja. hehe.....
Merokok juga punya filosofi secara kesehatan lho!
Pasti yang ini banyak yang percaya. Seni merokok seseorang itu bervariasi. Abis diisep, ditahan dulu di dalem mulut, atau di dalem tenggorokan terus ke paru-paru, terus dikeluarin lewat hidung. Yang pemula atau amatir, abis diisep langsung disembul. Kalo udah mahir dikit, abis diisep, disembul, terus diisep lagi dari hidung, terus disembul, diisep lagi, disembul, aih, ini kayaknya ngerokok versi irit ya? hehe....

Tapi kalo dipikir-pikir, seni nyembulin asep juga bisa bermakna filosofis. Coba kalo disembul, terus diisep dari hidung. widih! Djarum Black Tea yang harusnya rasa teh, terus diisep lewat hidung, rasanya berubah jadi Djarum Black Upil. Hehi (ketawa si dia) ... bisa ya? Bisa dong! Lha kan kalo udah masuk hidung, pasti mengurai di rongga-rongga hidung yang notabene sarang upil. Hihihi....gimana coba? Mantaf kan! Kamfrettoo. haha....
Merokok secara birokrasi juga punya filosofi yang nggak kalah tinggi. Apa?
Coba bayangin. Di Indonesia, berapa banyak daerah yang sudah menggiatkan perda larangan merokok di tempat umum? Hasilnya? Cuih. Anget-anget tai kucing. Di Semarang aja, ibu hamil yang naik angkot bisa ngisep asep rokok gara-gara kurang hoki, duduk di sebelah mahasiswa tampan yang bibirnya asem pengen ngerokok. Walhasil, si ibu hamil juga harus mendapatkan asep rokok yang diisep si mahasiswa tampan tadi kan? (Hehe.....Yang ini mah ngomongin diri sendiri. Ya Allooh... Ampuni Hakim ya Alloooh...) *lebay!
Kenapa bisa begitu?
Bayangin aja. Siapa yang bikin perda larangan merokok? Pemerintah kan? Ya, campur tangan DPR/DPRD juga ada. Nah, terus, yang ane tanya, kalian yakin Pak Gubernur beserta jajaran staf ahlinya, atau gubernur di manapun yang bikin perda larangan merokok itu udah nggak ngerokok? Kalian yakin kalo wakil rakyat yang duduk di parlemen yang bersama pemerintah katanya bikin aturan larangan merokok udah nggak ngerokok? Hahaha.... besaran gambarnya doank. Sampai-sampai dipajang di setiap kemasan rokok.

Mentri Kesejahteraan Rokok Indonesia

Politikus itu ibarat pantat cowok belum kena virus homo. Ya, omongannya doang yang bunyi, persis kayak lagi kentut. Eh....kok ane jadi emosi ya?

Intinya gitu lah. Politikus yang bikin perda alias kebijakan politik tentang larangan merokok aja ngerokok. Mana mungkin aturan yang mereka bikin bisa ditegakkan? Ngimpi kali ya?
Waduh? Udah makin ngawur!

Hm...intinya, meskipun ane sendiri smoker alias perokok aktiv kelas coro, merokok tidak baik untuk kesehatan. Terlepas dari filosofi sarat makna dari rokok, ya diusahakan janganlah menikmati filosofi rokoknya. Rokok tembakau aja bahaya, apalagi rokok yg lain. #eh... tuh kan. Otaknya jangan mesum!


....................... Sekian.............





13 comments :

  1. Cie... monalisa apa nonalia,hahaha....

    Merokok membunuhmu.
    Nah tadi ane cuman baca itu doang si. Tapi keren juga tuh kata2nya. Kalau ibarat makanann gaksambel kayanya gak enak. Coba deh....
    Kalau ngomongn ngerokok emang seenak apa toh? Jadi kepo ni...
    Kalau udah ketagihan mah susah kali yah tp smoga ajah gak gtu.

    Saran : kurangilah merokok ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, nonalisa :-) hehi...

      Nah, yang itu setuju banget. Kalo lidah udah punya orang Sumatera emang begono noh. kalo makan nggak pake sambel ibarat kata pake sempak tapi nggak pake shelana. ooww....

      Iya, saran diterima. Nih masih dalam proses mengurangi rokok. Makanya diisep terus, byar rokok di muka bumi ini berkurang satu-satu... hehi :-)
      Nggak... nggakk..
      Yang itu canda. kok... sumpe!

      Delete
  2. Secara teori, gue gak ada yang setuju, karena merokok itu banyak yang bilang kurang baik bagi kesehatan. "Loginyakan, asap dengan kandungan nikotin mondar-mandir di tubuh kita. Jelas bukan dari tubuh yang diinginkan, dikasi malah jadi rusak.

    Ya, itukan menurut gue, dulu gue juga merokok, tapi setelah sadar, gue udah off.

    ReplyDelete
  3. Hahahaha. Beroh, lo nggak sendiri. Gue juga peorkok. Tapi gue perokok pasif, bukn perokok aktif. Gue kalau merokok diem-diem aja, duduk, nggak bersuara. Makanya gue menyebut diri gue perokok pasif. Kalau perokok aktif itu, mereka merokok sambil guling-guling, lari-lari, salto. Itu baru namanya aktif. Muehehehehe. *ini apaan sih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu punya pilosofi lagi tuh broh, tapi apa filosofinya ane juga kaga tau... haha

      Delete
  4. Gua bukan perokok, tapi gua sih fine fine aja kalo orang mau merokok, asalkan bukan di hadapan gua. Temen-temen gua yg perokok semuanya tau diri. Kalo lagi nongkrong di kafe misalnya, setiap mau ngerokok, mereka bisa pergi dulu ke luar untuk ngerokok, baru balik lagi ke dalem. Paling sebel sama orang yg merokok di dalem ruangan atau kendaraan umum yg tertutup.

    ReplyDelete
  5. Tergantung dari segi mana orang ngeliatnya bro, bagi gue rokok itu adalah teman bro, teman yang bisa ngasih gue inspirasi, temen yang nemenin gue galau dan temen yang nemeni gue bok*r terkadang, ya walau gue tau rokok itu berbahaya, gue juga menghormati kok yang non perokok, yang jelas menurut gue rokok itu punya seni tersendiri bro apa lagi tambah kopi, lengkap banget.. haha :D

    ReplyDelete
  6. rokok emang nggak banyak filosofinya, buat yang ngerokok tentunya. buat yang nggak ya mana ada, malah bikin penyakitan.

    masalah perda yang dibuat para anggota DPR yang notabene mereka juga ngerokok, gue rasa mereka ngerokoknya nggak di tempat umum. mungkin.. :))

    rokok nggak baik buat kesehatan, kalau nggak percaya cobain ajah.

    ReplyDelete
  7. ehh maksudanya banyk filosofinya buat yg ngerokok kalo yg nggak ya nggak ada

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, mungkin kamu memang orang yang terlalu filosofis ya, sampe rokok aja difilosofikan sama orang dr berbagai profesi. hehe
    Yang bagian tentang orang di Bursa saham itu lho, kesannya maksa banget. hehehe.
    Emangnya di kantor bursa saham boleh ngrokok ya? :D

    ReplyDelete
  9. tapi tapi tapi yang aku tauuuu merokok bisa itu noh yang kayak di gambar, serrrreeem..mana ngabisin duit cuyyy jadi apapun filosofinya, intinya cuman satu : MENDEKIN UMUR. hehehehe

    ReplyDelete
  10. waduh detail banget makna filosofinya tapi tetap aja merokok itu tidak baik bagi kesehatan :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda di sini. Nggak boleh pelit-pelit. Nanti kuburannya sempit.