Sunday, March 9, 2014

GURU vs DOSEN


Hmm.....
Nggak terasa udah hampir setengah bulan juga gue tinggalin nih blog. ngejomblo. kasihaaaaannn...

Tapi ada yang lebih patut dikasihani. Tahu nggak apaan? 
Tahu nggak?
Tahu apa nggak, sih?

Hoaaaaammmmmm*** Ngantuk.
Wajah dosen emang bikin ngantuk. Apalagi yang dijelasin nggak karuan. nggak paham, Pak. Tidur aja, Tidur.


***
 
Gue iseng cari di google pake keyword “hari guru”, yang keluar ya peringatan hari guru. Tapi pas gue cari pake keyword “hari dosen”, yang keluar kok nggak jelas. Kebanyakan justru blog atau tulisan yang nulis tentang pengalaman pertama jadi dosen. Kalo nggak, tulisan lain yang nggak berhubungan sama peringatan hari yang emang mengkhususkan tentang dosen. Kalo nggak percaya, silahkan buktikan keisengan gue. Hehe....

Eniwei, Menyingkap pertanyaan tersebut. Jiah, bahasanya, menyingkap booo.....itu bener nggak yaa spellingnya? Hehe....Bodo amat.
Oke...lanjut aja. Daripada bertele-tele.
Hehe....
Sebelumnya, gw copast dulu istilah tentang guru,
Guru (dari Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Nah, sekarang, giliran gw copast dulu istilah tentang dosen,
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Sekarang, kita cek analisisnya,
Penekanan istilah guru, itu lebih ke pengajar suatu ilmu. Nah, kalo dosen, itu ilmuan yang mengembangkan ilmu, salah satunya lewat pendidikan. Hm...ribet juga pake bahasa resmi. Ini kan bukan buat karya tulis. Hehe....jadi, mending pake bahasa yang sederhana.
Intinya, guru itu ngasih ilmu, kalo dosen itu ngembangin ilmu. Beda? Jelas lah...hehe....
Oke....gue paling bego kalo ngomongin teoritis. Apalagi tentang pengertian dan berbagai istilah. jadi, langsung aja ke prakteknya, apa yang gw ngerti. Semoga aja nggak salah. Dan semoga aja kalo ada dosen gue yang baca, dia jadi berubah pikiran mau ngasih nilai gue bagus jadi nilai jelek. hehehe..piss...pak dosen, bu dosen.... karokean yuk.
*&^$%^*&**&2@

Pas TK, SD, SMP, SMA, kita belajar berbagai ilmu dasar sampe ilmu terapan. Kalo teorinya sih, kita juga harus belajar tentang berbagai tata krama, sopan santun, terus juga diajarin berbagai hal kecil tentang kehidupan, mulai dari yang kecil sampe yang gede. Makannya nggak jarang, dulu pas jaman kita SD, guru juga sering ngajarin kita cara makan yang baik, terus juga cara pake baju, dll. 
Kok rada nggak nyambung yaa? hadeh....efek nggak pernah tidur tenang nih.
Oke...back to the topic. Kenapa harus hari guru?
Kalo gw ngikutin beberapa obrolan informal di dunia nyata dan dunia maya, ya..Zaman dulu guru bener-bener pahlawan tanpa tanda jasa. Alasannya, mereka ngajar dengan sepenuh hati, mencurahkan apa yang ada di otak mereka, dan segala kemampuan mereka, terus buat urusan gaji, upah, atau hal yang bersifat materil, katanya sih nggak kepikiran. Makannya jaman dulu, ada lagu tentang Oemar Bakrie yang profesinya jadi guru, terus kalo ke sekolahan pake sepeda. Terus di film laskar pelangi & sang pemimpi, gurunya juga digambarin pake sepeda, nggak pernah pake onta. sekali-sekali gue pengen liat guru pake onta. tapi apa kan daya, nasib tak sampai. (Haaa? makin melenceng aja!)

Ok, Back again.
Sekarang? Apa itu masih berlaku? Coba kita cek. Ada nggak lagu yang nyanyiin guru pake mobil, pake motor, punya BB, dll? Hehehe.....itulah gambaran sekarang. Ooops....bener nggak yaa? Mungkin terlalu subjektif sih. Tapi, realitanya sekarang, banyak orang pengen jadi guru, karena realitanya emang kalo jadi guru itu profesi yang enak. Apalagi kalo guru berlabel PNS. widih.....segerrr...... Awalnya boker pake wc jongkok jadi pake wc duduk. Dapet gaji tetap, ada tunjangan, dan yaa....intinya hidup terjamin (walau kadang pas-pasan). Oh ya lupa, ada THR juga...
Lah? Emang nggak ada orang yang cita-citanya jadi guru, tujuannya buat mengabdi seutuhnya?
Yaa...realistis aja lah. Mana ada sih guru yang nggak butuh duit? Mana ada sih di jaman semateralistis ini guru secara cuma-cuma ngajar?Belum lagi biaya kuliah buat jadi guru. Kalo ngajar nggak di bayar, balik modalnya darimana? hoho....Oops.....salah nggak yaa? hehe...
Bentar-bentar...kok jadi ngomongin guru yang materalistis? Subjektif banget...
Hehe....tapi yang jelas, hari guru itu kan tujuannya buat memperingati semua jasa dan pengabdian guru. nah, berarti secara otomatis, guru telah dipandang sebagai sesosok pahlawan yang emang berjasa buat bangsa Indonesia. Bayangin aja, kalo nggak ada guru, siswa bisa pinter darimana? terus kalo nggak ada guru, berarti nggak ada sekolah. kalo nggak ada sekolah nggak bisa kuliah. kalo nggak ada yang kuliah nggak ada dosen. nah kan. tu dosen cuma nyempilnya di ujung. jadi berawal dari guru juga tuh dosen. halah, dasar. tidur aja yuk, Pak.....
Kelakuan siswa di Indonesia sekarang, cerminan situasi kondisi guru. Kalo ada yang bilang siswa sekarang kurang ajar, berarti kondisi guru sekarang? hehe....kalo siswa di Indonesia sekarang dibilang berprestasi, berarti kondisi guru sekarang juga berprestasi. Itu sih analoginya.

Nah, sekarang kalo dosen?
Yaa...kayak tadi. Ibaratnya dosen itu kan ada di jenjang perguruan tinggi. Yang notabene mahasiswa dianggep udah dewasa dan bisa mikir, bener salah. Intinya mandiri. Nah, dosen nggak bertanggungjawab penuh sama kelakuan mahasiswa. Makannya mahasiswa mau gondrong kek, pake baju asal kek, itu tanggungjawab mahasiswa sendiri. Jadi nggak heran kalo ada dosen yang bodo amat sama mahasiswanya di kelas. mau dengerin ya sukur, nggak juga nggak apa2. Gitu kan yaa?
Jadi, tanggungjawab dosen sama tanggungjawab guru, pasti jauh lebih gede tanggungjawab guru. Dalam hal ini buat urusan pendidikan, yaa....
Soalnya guru emang kerjaannya cuma mendidik, jadi fokusnya ke kelakuan siswa. Nah, kalo dosen, kan nggak cuma ngasih ilmu ke mahasiswa  aja. Dia juga perlu bikin eksperimen, terus bikin penelitian, yang intinya bisa berguna bagi masyarakat. 
Hadeh....gue ini ngomong apa sih..... ini bukan hari guru atau hari dosen kan ya?

Tapi, apapun yang gw omongin, itulah yang gue omongin. apa yang gue omongin di sebut omongan. dan omongan gue itu adalah apa yang gue omongin. Nah, pusing kan loe...
nggak usah ngomong. baca aja. baca terus. teruuuuuuussss..... sampe habisssss...... 
hahahaha

Intinya, sekarang, gw bosan di kelas....
Gue mau tidur, ngantuk. tapi takut ketahuan sama dosen.


30 comments :

  1. Aku setuju banget tuh apa katamu...
    Mahasiswa itu sudah mandiri, ia bukan lagi siswa atau pun siswi yang masih memerlukan “arahan”. Biarlah padi tumbuh dengan sendirinya...

    Terkait guru dan dosen memang lebih berat tanggungannya guru daripada dosen.. enakan gitu aja.. setuju kawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...
      alhamdulillah deh kalo setuju, takutnya berselisih paham, terus ngumpulin teman, ngajak tawuran. . .
      hahaha
      Piss masbro. . .

      Delete
  2. nah bener banget. kalo dibandingin tugas guru sama tugas dosen itu sebenernya masih berat guru, karena guru mendidik kita secara keseluruhan, mulai dari etika sampai memberi ilmu. mungkin dari situlah guru dapet julukan 'pahlawan tanpa tanda jasa' dan ada tanggal yang memperingati 'hari guru'.

    ReplyDelete
  3. yah dulu sih waktu smester 1 ampe 4 gw kadang suka kesel sama dosen yg gak jelas cara ngajarnya...
    cuma setelah smester lima ampe sekarang smester enam gw ngerasa apa yg mereka ajarkan itu justru makin gak jelas *jedotin kepala ke bangku
    tp sekarang gw udah sedikit dewasa ( ingat sedikit )... jd apapun yg dosen gw ajarkan.. ya terima aja deh.. toh kita gak bisa minta dosen yg sesuai keinginan kita.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. owhh, gthu ya bang. . .
      ok ok. . .
      gue bakal terapin apa yang loe saranin ke gue... (Saranin apaan ya???)%$*&%#

      Delete
    2. Mending jangan deh :D
      yg jelas dosenpun memeliki kelebihan dan kekurangan...gaya mengajar merekapun berbeda...ada yg srek dan ada yg nyebelin.. tp itulah tantangan kita sebagai mahasiswa *cieee
      apapun dosennya..minumnya teh botol plastik :D

      Delete
  4. Guru mah pasti butuh duit juga. Kalo guru honorer ya ngenes, asal udah sertifikasi dll insya allah makmur. Kenapa bukan hari dosen? Karena kan udah mahasiswa yg diajar, bisa belajar sendiri, dosennya yg ngarahin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harusnya ada tuh bang hari dosen. hari batik aja ada masak hari dosen nggak ada... (bener nggak sih?) hahahah

      Delete
  5. Guru dan dosen sama-sama pekerjaan mulia, tugasnya pun sama-sama mendidik, jadi menurutku gak ada perbedaan antara guru dan dosen

    sebagai seorang guru, aku memang membutuhkan duit. tapi aku tidak setuju dengan argumenmu yg menyatakan guru sekarang memiliki fasilitas yg serba wah.. itu hanya subjektifitas km saja
    sebab, masih banyak guru di luar sana yg mengabdi dengan tulus, bahkan hanya mendapatkan gaji ala kadarnya, mengajar sampai pelosok negeri dan selalu menyalurkan ilmu-ilmunya..
    intinya ya guru maupun dosen sama2 hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuhhh, ini nih yang bikin urusan jadi berabe. . .
      nulis tentang guru yang ngebaca guru. . .
      hahaha
      nggak, nggak, just kidding.. .
      iya sih, masih ada guru yang secara tulus mengabdikan dirinya untuk para siswa. gue setuju banget, soalnya asal sekolah gue dari daerah terpencil Riau ya memang seperti itu adanya.
      apapun itu, semoga menjadi yang terbaik aja deh, terbaik untuk kita, guru, dosen, serta yang tak kalah pentingnya untuk negeri tercinta ini. . .

      Delete
  6. Setuju! Mahasiswa itu kan bukan anak kecil yg harus dikasih tau ngelakuin ini itu *ngomong apa sih, Li?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      Loe mah asal nyerocos aja, mending loe sekelas aja ama gue, loe kuliah dimana? ntar gue transfer kesana deh, byar gila bareng saat kuliah. . .
      hahaha

      Delete
  7. dosen vs guru ya, emang bakalan beda sih cara mendidiknya orang target marketnya aja beda, hehe. tapi keduanya sih wajib kita hormati, mau dosen atau pun guru, karena mereka lah orang tua kita di sekolah dan kampus, nah bagaimana klo ditambahin nih? dosen vs guru vs ustadz? kan sama2 mengajar dan memberikan ilmu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. guru vs dosen vs ustadz?
      ya ya ya, , ,
      boleh juga tuh. . .
      ntar kalo gila gue kumat gue tulis. . .
      haha

      Delete
  8. sebenarnya intinya sama dosen sama guru. hanya tingkatan dan pasarnya beda. kalau masalah tanggung jawab sama2 memiliki tanggung jawab sama, mendidik dan mengajar. hanya saja, kebanyakan di lapang dosen seperti katamu brow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti kata gue?
      yang mana?
      dari tadi ane cuma diam,
      ahhh, loe fitnah, gue nggak ngomong apa2 lho.. ..

      hihi

      Delete
  9. emang bener loh tanggung jawab guru sama dosen itu beda banget, gedean guru. guru harus mendidik dari segala aspek, beda dengan dosen yg lebih sering asal dan ga peduli mahasiswanya. ya karna emang udh takdirnyaa kita dituntut untuk lbh mandiri, kalo dosen masih kaya guru kapan kita bisa mandiri? *ngomong apaan deh gue -_-*

    ReplyDelete
  10. Antara guru dan dosen. Jelas lebih berat tugas guru lah ketimbang dosen. Tapi lebih kaya dosen ketimbang guru. Guru itu pahlawan tanpa tanda jasa. Sedangkan dosen monster tanpa rasa ampun -____- Alamak. Tapi emang dosen itu kejam banget iwh !! Tugas tiap hari. Quiz tiap masuk.

    Guru itu memang menuntut kita untuk pinter otak dan pinter akhlak. Nah kalo dosen beda, ngasih ilmu aja tanpa mendidik tingkah laku. Bukan gak di didik sih, tapi gak setekun guru mendidiknya. Ya begitu lah kira-kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. . .
      emang dasar tuh dosen, si monster tanpa rasa ampun. begitu kan? haha

      Delete
  11. Kalau menilik secara harfiah, keduanya mempunyai makna yang dalam. Sama sama mengajar dan memberikan ilmu. Sama sama mendidik juga loh. Dengan tanggung jawab besar. Hanya karena mereka mengajarnya jangka pendek saja maka murid/ peserta didik jarang mengingat jasa besar mereka. Juga adanya beberapa oknum dosen yang biasa disebut 'killer' menurut sebagian mahasiswa. Maka tengoklah, ada beberapa juga dosen yang megajar tanpa mempertimbangkan pendapatan mereka. Boleh percaya boleh tidak, gaji dosen dan gaji guru (yang PNS) itu lebih besar guru loh.

    Jadi, ya obyektif saja lah. Semua memberi kesan yang mendalam. Ingat jasa guru, ingat jasa dosen juga:)

    ReplyDelete
  12. apa yang elu omongin bener juga sih bro, tapi kalo dosen di kampus keguruan .. beliau juga perhatiin penampilan mahasiswanya loh.. kuliah gak boleh pake jeans, pake baju rapi, dan lain-lain...

    tapi bagaimanapun juga opini lo tentang guru dan dosen ini banyak benernya juga hehe

    ReplyDelete
  13. tulin lo berantkan gitu. di rapiin dong biar enak bacanya. sayang, padahal yang di bahas cukup menarik :))

    kalo menurut gue sih, jangan jelek2in dosen deh, entar malah efeknya balik ke kita. kit jadi males masuk matkul dia, dan dikasih nilai yang nggak enak di lihat. haha

    kalo masalah hari dosen kenapa nggak ada itu mungkin karena dosen kebanyakan orang berpunya, dan gajinya juga gede. mknnya gak usah di rayain. eh nyambung gak sih haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, tulisan selanjutnya bakalan gue rapiin. hehe, maklum, gue langsung nulis di bar entri barunya, nggak pake proses penyaringan. haha

      Iya bang, bener juga tuh. gara-gara nggak suka ama dosennya jadi malas2an masuk matkulnya dia. makasi bang sarannya. . .

      Delete
  14. Mahasiswa ada juga yang berpakaian rapi seperti anak2 SMA lo, coba saja lihat di beberapa fakultas pendidikan.

    Yang jelas, guru dan dosen sama2 pendidik calon penerus bangsa ini. he he he

    ReplyDelete
  15. Halah otakku didoktrin sama kata-kata kamu kak-__- etapi setuju sih, apalagi guru sma smp. Mereka harus bener-bener ngedidik siswanya yang lagi beranjak dewasa. Itu kan masa-masa labil. Karena selain di rumah, sekolah udah kayak lingkungan kedua lagi. Iya nggak sih?

    Ya intinya, harusnya niat mereka sama-sama tulus buat berbagi ilmu dan memperbaiki bangsa. Tanggung jawab mereka buat menghasilkan anak-anak yang berguna di masa depan kelak. Yeah \m/

    ReplyDelete
  16. kebanyakan orang jadi guru, tujuannya emang udah beda sekarang :(

    ReplyDelete
  17. Ngomen apa ya? Hmm, gw sih prnh kuliah D3, tpi s4 1/2 smester az hbis gtu putus.. bukn putus sih.. tp tepat ny kena DO.. hebat kan gw? 1/2 smester sudah drop out, soalny kampus ny ga bingit.. sudah dosen ny killer smua, kualitas pendidikan kaya SMA, tau ga, knpa gw kena DO? Bolos 2 bulan full.. wah hebat ya, sudh pinter gw.. msuk kuliah 1 bulan az.. salut.. tepuk tangan dong!!
    Dan ini nih.. klian tw ga apa alasan gw bolos 2 bulan full? Ya alasan gw, brhnti baik2 sama drop out sama az.. sama2 memalukan.. jdi mendingan drop out az.. sekalian malunya.. (ga jelas ya? Maaf gw emng gini orang ny).. gw slamet, sekian dari gw.. sekali lg tepuk tangan buat 1/2 smester ny!!

    ReplyDelete
  18. Wow post ini sebelum masehi banget. Komentar gw bakal dibaca, nggak, ya?

    Gw akan berusaha objektif dan memaparkan ini sesingkat mungkin. Gw masih mahasiswa (dan mudah-mudahan nggak lagi pas Mei) dan begitu selesai mau jadi guru.

    Guru dan dosen sama-sama pengajar. Bedanya ada di target pengajaran mereka dan tempat ngelakuinnya. Mereka sama-sama ngebagi ilmu yang mereka punya.

    Realitasnya beda lagi.

    Ada penelitian yang nunjukkin bahwa guru rata-rata cuma mengenyam pendidikan sampe sarjana. Yang lanjut ke magister itu sedikit. Kita harus tahu; emang sih nyari ilmu nggak perlu sampe ke S2 segala. Nah, tapi pada praktiknya orang-orang pascasarjana dan doktoral itu tetep ada bedanya sama yang sarjana (apalagi yang belajar secara otodidak). Mereka yang mengenyam pendidikan lebih tinggi ini mau nggak mau bakal terlihat lebih pinter dan lebih banyak pengetahuan. Betul bahwa kita harus ngikutin perumpamaan 'jadilah seperti padi yang makin berisi makin merunduk', tapi teteep ya yang terjadi di lapangan adalah kita boleh jadi agak sombong. Sombong dalam arti "Hey gue orang terpelajar nih."

    Implikasinya, dosen bakal lebih mungkin untuk ngomong "sok" dibandingkan dengan guru. Mereka bakal lebih mungkin untuk ngomong "yang tinggi-tinggi dan yang berat-berat" dibandingkan dengan guru. Dan maaf-maaf-maaf mereka boleh jadi lebih pinter--secara tingkat pendidikan--dibandingkan dengan guru.

    Tempat kerja mereka juga beda. Guru kerja di sekolah tingkat bawah, menengah, dan menengah atas. Tingkatan ini krusial banget untuk nyiapin anak-anak mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi di universitas. Jadi, jangan kaget kalau guru juga nyambi sebagai orang tua kedua bagi para murid. Mereka mesti ngejaga tingkah laku murid supaya nggak brutal dan membangkang. Mereka perlu juga mengarahkan murid supaya punya budi pekerti. Yang kaya begini nggak ditemuin di dosen. Dosen ada di perguruan yang murid-muridnya dianggap dewasa (young adults) dan bisa belajar mandiri. Bukan hal aneh seharusnya kalo mereka nggak terlalu atau bahkan nggak sama sekali menekankan pendidikan budi pekerti. Bahkan ada dari mereka yang nggak nunjukkin kualitas pengajar yang mengayomi dengan bersikap layaknya orang penting (makanya ada istilah dosen killer).

    Soal upah; no comment. Ini ranah pribadi (harusnya) dan dosen sebetulnya nggak kaya-kaya amat.

    Di akhir hari, guru dan dosen seharusnya sama-sama bisa menghasilkan manusia-manusia berkualitas yang bisa ngelanjutin ilmu mereka. Cara mengajar di setiap tingkat pendidikan pasti beda; dan itu aja perbedaan yang seharusnya ada.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda di sini. Nggak boleh pelit-pelit. Nanti kuburannya sempit.