Friday, May 9, 2014

MOZAIK: ESENSI KEBERSAMAAN



Hai... 
Long time no see....
Apa kabar nih? Sehat nggak? Sehat ya...!
 
Udah lewat sebulan, nih,  gue nggak ngurus blog ini. Kangen, sih, sebenarnya. Tapi... ya, mau gimana lagi. Sibuk banget gue. Jadwal padat. belum lagi tiap harinya gue harus melakukan aktivitas yang seperti biasa. Ya, semacam kunjungan kerja githu. Kadang-kadang harus ke Amsterdam. kadang-kadang ke Tronto. Kadang-kadang ke Paris, Bayern, Istanbul, Ah... Banyak deh. Terakhir kemaren gue kunjungan ke Nigeria. Gila... Panas banget di sana. Waktu berangkat gue putihnya kayak orang China, eh ... pulangnya hitam kayak arang kuali kejedot bata? 

Ngomong apaan sih gue....? Macam iya aja....


Ok...  Langsung aja!




Sebenernya, postingan ini kumpulan dari beberapa studi kasus hasil obrolan gue sama beberapa orang yang sering jualan makanan sih...

Beberapa kasus ada yang terjadi lebih dari sebulan yang lalu, malah ada yang setengah tahun lalu. Mudah-mudahan aja nggak basi. Soalnya, kalo basi, ntar tulisan ini nggak ada gunanya dah..

Tapi yang jelas, ini bukan hasil repost kok. Intinya sih bukan masalah waktu pengambilan ceritanya yang ditekankan di sini. Tapi, esensi dari perkataan-perkataan setiap kasus yang ada.

Ntar dulu....

Mumpung kopi gue masih anget, gue nyruput kopi dulu......

"Ssssshhhhh......" Mantap! Kopi Aceh...asli gue beli langsung dari kebonnya (yang ini lebay). Kenapa kopi Aceh? Kenapa nggak kopi instan aja? Kenapa harus kopi item? Kalo kopi instant kan tinggal nyeduh, langsung jadi. Lha kopi item? udah pake ditakar, terus pake dikasih gula, kalo pengen enakan dikit dikasih krimer. Atau, kalo kopi Aceh, di kasi racikan bumbu rasta sedikit. Ngerti kan lo bumbu rasta itu apaan? Yaelah, nggak gaul loe! Haha...

Itu mungkin yang ada di pikiran kita sekarang. Kopi instan yang sekarang banyak rasa dan macamnya, emang di satu sisi lebih nikmat dibanding dengan kopi item, yang notabene ribet bikinnya. Udah gitu, hasilnya belum tentu enak.
 
Tapi, pernah nggak ngobrol sama PKL yang jualan kopi di pinggir jalan?
 
Pernah nggak tanya harga kopi instan sama harga kopi item yang ntar dikasih gula?

“Harganya emang sama mas. Tapi, susahnya itu. Saya mah mending bikin kopi ginian dibanding kopi item." Itu kata abang-abang tukang jualan kopi ke gue, "Tapi kalo buat orang yang bener-bener suka kopi, emang sih, biasanya mereka lebih milih kopi item. Soalnya rasanya lebih pas. Nggak ada campuran bahan kimia lain juga mas." Lanjut abang PKL itu. "Apalagi kalo komposisinya pas. Kadang kan ada orang yang pengen agak pait, pait banget, sampe yang manis banget. Lha kalo kopi instan, nggak bisa digituin. Kalo kopi item kan bisa mas...." Lanjut abang PKL itu sambil ngaduk kopi pesanan gw.

Hm......esensinya apa? Lama juga gue mikir maksud dari kopi manual sama kopi instant. Kalo dipikir-pikir, emang bener juga. Kopi instant, emang sih, bisa ditambah gula lagi. Tapi kalo dibikin pait? nggak bisa kan?
 
Terus, hubungannya sama kebersamaan apa? Sesuatu yang isntant, nggak bisa dibikin jadi kebersamaan? butuh komposisi yang tepat buat menciptakan kebersamaan?

Yaa.....mungkin gitu. Tapi, mungkin juga ada yang lain. Ibarat pembuatan kopi, kebersamaan itu ada yang manis, ada juga yang butuh sesuatu hal pait di suatu saat. Kalo kebersamaan pengennya manis terus, ya nggak ada dinamikanya. Yang ada malah bisa menimbulkan kebosanan.

Ugh..... Ini baru dari secangkir kopi seorang PKL.


Ntar dulu, sambil nyruput kopi, gue bales sms dulu. kasian temen gue, nanyain naskah yang dia kasiin ke gue belum selesai-selesai. kelewat dead-line. Mampus gw!

Oke. Udah. Lanjut....

Bulan kemaren, gue juga sempet jajan kebab. Yaa...bukan kebab beneran sih. Cuma libanes arab dibikin versi indonesia. Kenapa indonesia? soalnya lidah arab sama lidah indonesia kan beda. Apalagi orang indonesia banyak maunya. Sambelnya dikit lah, nggak pake sayur lah, nggak pake paprica lah.

Gini.....
Pas beli kebab, gue sempet tanya ke abang-abangnya. "Mas, kok kalo yang bikin beda, rasanya juga beda ya? padahal kan bahannya sama."

"Yah....iya ya mas? Mungkin karena yang bikin itu nggak tau komposisi yang pas buat yang beli." Jawab abang-abangnya sambil mengiris daging cincang.
 
HIah....lagi-lagi komposisi. Komposisi libanes kan cuma saus, mayones, sayuran, daging, sama keju kalo ditambahin. Tapi, kenapa itu bikin beda?

Ya! Komposisi menciptakan rasa. Rasa yang pas harus bisa diciptakan oleh orang yang pas. Mungkin kalo dihubungin sama kebersamaan, di dalamnya bakalan banyak elemen-elemen yang berkaitan. Mulai dari orang-orangnya, nggak semua orang yang di kelompok itu kan punya jenis yang sama. Pasti dibutuhkan komposisi yang pas oleh hal yang tepat juga biar kebersamaan dalam kelompok itu bisa tercipta

Itu baru dua makanan....

Masih ada beberapa makanan...

Tapi...

Ough...

"PReeeetttt....." hehehe...

Gue kebelet...

Kapan-kapan lagi gue tulis..... 

Esensinya sih, , ,

Hmm.....

Apa ya....

Oh, coba lhat photo gue ama teman-teman gue di bawah ini:



Udah? Perhatikan baik-baik. Sekarang ngerti, kan, maksud gue?
Ha....? Masih nggak ngerti juga?

Oke. gue jelasin....
kebersamaan nggak butuh sesuatu yang mahal. Nggak butuh kemewahan. Dinamika dalam hal ini juga merupakan salah satu bagian dari kebersamaan. Semuanya membutuhkan rasa, dan pemahaman perasaan antar elemen yang ada di dalam kebersamaan.

Udah dulu ya. Udah di ujung tanduk nih?

Eh, kapan gw punya tanduk, ya?

Aahhh... di ujung pantat!

Puas loe?

Haha ... pisss....



Hakim J Ataime


17 comments :

  1. emang racikan bumbu rasta itu apa kak? maklum bukan penikmat kopi aku, hehe
    kebersamaan waktu minum kopi juga bisa kak :D
    kebersamaan itu gak kenal kata mahal, apapun kondisinya kalo bersama-sama akan menciptakan moment kebersamaan yang mahal hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu rasta? hmm...gmn jelsinnya ya.... Semacam pucuk Singkong oplosan. tau gak? haha....

      Yaaa.... Begitulah. mahal bukan berarti materi. tapi momennya yang harus mahal.
      betul gak ya kira-kira.....
      hadeh....

      Delete
    2. tetep gak tau. kalo teh pucuk aku tau hahaha

      iya bener bener itu, momen nya yg mahal ;D

      Delete
  2. komposisi menciptakan rasa

    jadi kalo kumpul sama orang dengan dasar sifat yang sama jadinya berlebihan, ga ada penyeimbangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu idaaa....
      Harus ada yang tukang ngomporin. tukang maki. tukang lerai. tukang kebun. tukang rumah.. ahhhh.... kebanyakan tukang... hahaha

      Delete
  3. semua hal butuh proses dan gak ada hasil yang selalu manis. namanya juga hidup, kadang merasakan manis tetapi juga harus siap dengan pahitnya.

    sifat kan beda-beda, tergantung bagaimana kita menyikapinya. karena pemikiran kita pribadi akan berbeda dengan apa yang dipikirkan orang lain. kebersamaan bukan karena mempunyai sifat yang sama juga kan, mungkin karena mereka semua mempunyai perasaan saling menghargai satu dengan yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul betul.... Tumben lo bijak..
      piss....

      Delete
  4. kebersamaan itu tercipta dari perbedaan.
    tapi sekarang buat kebanyakan orang di luar sana malah menganggap perbedaan itu adalah hal yang salah.
    padahal justru itu yang membuat kita bisa hidup seimbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang-kadang gue juga mikir githu. makanya gue nggak mau jadi orang yang berada di luar sana. gue di dalam aja. di dalam lebih adem...
      hihi

      Delete
  5. Komposisi menciptakan rasa. Memang benar tuh. Dari sebuah beda tercipta kebersamaan indah tercipta. Yah, berharap saja kebersamaan itu selamanya, karena kadang ego masih terus saja membuntuti kemanapun nurani ingin berbagi rsa dan cinta:)

    ReplyDelete
  6. Kata2 yg ini "kebersamaan nggak butuh sesuatu yang mahal. Nggak butuh kemewahan." Itu bener banget. :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget kalau kebersamaan itu nggak butuh sesuatu yang mahal. kalau kumpul bareng teman2 walau cuma minum cendol bagi bersepuluh tetep seru tuh. hahaha
    Dan satu lagi komposisi menciptakan rasa, hmm rasanya bener banget. Kumpul ma teman2 yang beda2 karakternya itu lebih seru lebih banyak tukangnya dan keahliannya.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget sama isi postingan ini. Kebersamaan nggak akan menjamin kebahagiaan terus karena ya namanya hidup pasti ada dukanya juga. Tapi, karena semua itu dijalani sama-sama, pasti rasanya lain. Jadi lebih sempurna aja.

    Juga yang terakhir, kebersamaan nggak selalu butuh yang mewah. Dari hal sederhana pun kita bisa menciptakan kebersamaan. Yang jelas, aku lebih suka hal-hal sederhana tp dirasain sama-sama daripada hal mewah dirasain sendiri. Nice post :D

    ReplyDelete
  9. Kopi?
    Sebenarnya aku kurang suka dengan kopi belakangan ini. Dulu si suka banget, malah mungkin kebangetan malah. Tapi sekarang, kopinya dihilangin untuk seterusnya.
    Hahaha... jadi curhat.

    Tapi, eh...
    Kopi yang kamu maskud sepertinya bagus deh. Ntar bakal aku coba sama temen-temen aku. Biar ngerasa gimana nikmatnya minum kopi bersama, Biar ketahuan bagaimana karakteristiknya satu persatu.

    Thank's buat infonya...
    Lanjutin terus minum kopinya :)

    ReplyDelete
  10. walo kemane mane omongan lu berputar pad satu hal, makanan dan minuman. hahaha...yah, dari makanan dan minuman pun kita bisa mengambil pelajaran, hahaha...

    tapi walopun gue penyuka kopi tapi gue lebih suka kopi instant karena kalo yang item tu paiiiiitttt...dan gue juga suka kebab. *terus *gueharusbilangwow? *nggakjugasih

    ReplyDelete
  11. walo kemane mane omongan lu berputar pad satu hal, makanan dan minuman. hahaha...yah, dari makanan dan minuman pun kita bisa mengambil pelajaran, hahaha...

    tapi walopun gue penyuka kopi tapi gue lebih suka kopi instant karena kalo yang item tu paiiiiitttt...dan gue juga suka kebab. *terus *gueharusbilangwow? *nggakjugasih

    ReplyDelete
  12. aduuh, yang ika itu aku yak, aku tadi belum sempet log out lupaaaak @.@

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda di sini. Nggak boleh pelit-pelit. Nanti kuburannya sempit.